Lazada Indonesia
Info Kesehatan >>

Mata Seekor Elang

ORANG Spanyol melukiskan seorang yang berpenglihatan tajam bagaikan berpenglihatan seekor elang (vista de águila). Orang Jerman memiliki istilah serupa (Adlerauge). Bukannya tanpa alasan jika penglihatan elang yang tajam telah terkenal selama berabad-abad. Buku Ayub, yang ditulis lebih dari tiga ribu tahun yang lalu, berkata tentang elang, ”Ke tempat yang jauh matanya terus memandang.”—Ayub 39:27, 29.
Sampai sejauh mana seekor elang dapat melihat dengan jelas? ”Di bawah kondisi ideal, seekor elang emas (Aquila chrysaetos) dapat mendeteksi gerakan kecil seekor kelinci pada jarak lebih dari 2 kilometer,” jelas The Guinness Book of Animal Record. Yang lain-lain memperkirakan bahwa seekor elang dapat melihat bahkan lebih jauh lagi.
Apa yang membuat elang memiliki penglihatan sedemikian tajam dan peka? Pertama-tama, elang emas memiliki dua buah mata yang sangat besar, yang menempati sebagian besar kepalanya. Book of British Birds mengomentari bahwa dalam hal elang emas, matanya ”sampai ukuran yang paling besar pun tidak menjadi terlampau berat sehingga mengganggu terbangnya”.
Lazada Indonesia
.